Sabtu, 17 Maret 2012

Perilaku Baik dalam Kegiatan Ekonomi


Perilaku Baik dalam Kegiatan Ekonomi
Faiz Fadhlih Muhammad, 1106069216

Judul               : Kegiatan Ekonomi Konsumen dan Produsen
Pengarang       : Wardayati, S.Pd
Data Publikasi    : http://wardayadi.wordpress.com/materi-ajar/kelas-x/kegiatan-ekonomi-konsumen-produsen/, Kamis, 13 Oktober 2011, pukul 10.49.55 WIB

Untuk memenuhi kebutuhannya manusia memerlukan orang lain. Hal ini terjadi karena seseorang tak mampu menciptakan sesuatu sendirian. Dalam proses pemenuhan kebutuhannya tersebutlah manusia melakukan kegiatan ekonomi, yang meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi. Dalam ketiga hal tersebut tentulah ada hal yang baik dan ada hal yang buruk. Dan yang akan dibahas ialah mengenai hal yang baik dalam kegiatan ekonomi.

Hal yang baik dalam kegiatan ekonomi meliputi hal yang baik dalam kegiatan konsumsi dan produksi. Prinsip konsumsi adalah ketika manusia menghabiskan nilai suatu barang untuk memenuhi kebutuhannya. Perilaku yang baik dalam konsumsi ialah ketika seseorang menerepkan perilaku konsumen rasional yaitu seseorang yang dasar pertimbangannya terhadap suatu barang adalah barang dapat memberikan kegunaan maksimal, barang betul-betul dibutuhkan, kualitas barang terjamin, dan harga sesuai kemampuan, dalam arti orang tersebut berperilaku tepat guna dan hemat. Prinsip produksi adalah menciptakan suatu barang atau menambah manfaat dari suatu barang. Perilaku yang baik dalam produksi ialah ketika produsen memproduksi sebuah produk dengan kualitas yang sangat baik dan manfaatnya maksimal, serta proses pula yang baik, dalam arti tidak merugikan siapapun termasuk lingkungan dan alam sekitar.

Dari penuturan di atas, dapat kita simpulkan bahwasannya perilaku yang baik dalam kegiatan ekonomi berarti merupakan kegiatan yang baik dalam konsumsi dan produksi. Dan secara keseluruhan kegiatan ekonomi yang baik adalah ketika produksi dengan bijak memproduksi suatu barang, dan konsumen dengan bijak membeli barang, dengan mempertimbangkan segala aspek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar